4 Cara Mengatasi Sakit Pada Leher Karena Salah Tidur




tips mengatasi Sakit pada leherSakit pada leher seringkali disebabkan kita salah posisi tidur atau salah gerak. Bisa jadi hal ini terjadi akibat pemakaian bantal yang terlalu rendah, terlalu tinggi dan sebagainya.
Walaupun kelihatannya sangat sederhana, akan tetapi sakit pada leher sangat tidak nyaman. Ada beberapa orang yang sampai sulit menoleh disebabkan hal ini. Nah jika Anda mengalami sakit pada leher seperti ini, coba lakukan tips berikut ini:

1.    Kompres leher
Kompres leher Anda dengan memakai dua jenis kompresan, yaitu kantong kompres dingin dan kantong kompres hangat. Lalu kompres leher Anda dengan kantong dingin terlebih dahulu, lanjutkan yang hangat. Cara bergantian seperti ini bisa membuat otot yang kaku dan tegang akan sehat kembali.

2.    Massage Lembut
Setelah terasa lebih enteng, lakukan pijatan lembut. Jangan terlalu keras sebab di leher banyak syaraf dan pembuluh darah penting. Jika memang dibutuhkan, pakailah balsem atau minyak pijat, namun dalam jumlah yang sedikit dulu. Pemakaian obat semacam ini terkadang juga bisa membuat otot semakin tegang.
3.    Peregangan
Coba lakukan peregangan yang ringan. Coba duduk tegak dengan kepala lurus. Perlahan-lahan, tarik kepala ke bawah selama 8 hitungan. Lalu kembalikan ke posisi awal, tarik ke belakang sama 8 hitungan juga. Lakukan hal ini yang serupa ke arah kanan dan kiri.
4.    Jemur bantal Anda
Supaya tidak terjadi cedera yang serupa, jemurlah bantal Anda supaya lebih nyaman pada saat dipakai untuk tidur. Sementara jika Anda ingin menoleh, lakukan gerakan perlahan-lahan dan jangan menggeliat atau menarik otot punggung dan leher terlalu kencang.
Lakukanlah tips di atas untuk mengurangi sakit pada leher yang Anda alami. Jangan lupa pakailah bantal dengan tinggi secukupnya supaya tengkuk Anda tidak mengalami cedera kembali.