Penyakit Yang Mudah Menular Pada Anak

Anak-anak biasanya lebih rentan tertular suatu penyakit. Hal ini tentu bisa dimaklumi karena daya tahan tubuh (imunitas) seorang anak belumlah sesempurna orang dewasa. Tidak jarang di suatu perkampungan atau lingkungan sekolah terjadi “musim” sakit tertentu, misalnya musim sakit cacar. Mengapa demikian? Penyebaran virus-virus tertentu biasanya sangat cepat, maka tidak heran jika ada satu anak yang terkena maka tak lama kemudian anak-anak di sekitarnya akan segera “menyusul”. Pemukiman padat penduduk, sekolah, pondok pesantren, 
asrama, dan tempat penitipan anak merupakan tempat yang paling rentan terjadi penyebaran penyakit menular.
Hal ini karena banyak anak berkumpul di satu tempat yang cukup padat, bermain bersama, makan dan minum bersama, saling bersinggungan (kontak) langsung, sementara kondisi imunitas anak masih belum sempurna sehingga mudah terjadi penularan. Berikut ini beberapa penyakit akibat infeksi virus yang sangat mudah menular pada anak-anak :

                INFLUENZA
               Bedakan dengan Salesma (Common Cold) Influenza merupakan penyakit yang cukup sering terjadi di kalangan anak-anak karena sistem pertahanan tubuh mereka belum sempurna. Terkadang kita masih sulit membedakan antara influenza dengan salesma atau yang lebih dikenal dengan “pilek” biasa. Untuk lebih mudahnya, kita bisa menggunakan patokan bahwa influenza memiliki gejala yang relative lebih berat dibanding dengan salesma atau common cold. Pada salesma, kalaupun ada gejala demam, batuk, dan nyeri otot biasanya gejalanya ringan saja
               Apa saja Gejalanya?
             Virus influenza menyerang hidung dan tenggorokan. Gejala awal influenza, yaitu gatal di tenggorokan, sakit kepala, menggigil, dan demam tinggi. Kemudian diikuti dengan keluarnya cairan atau lendir dari hidung serta disertai dengan batuk dan rasa pegal atau ngilu pada persendian. Berbeda dengan salesma dimana gejala pada hidung yang lebih menonjol, pada influenza biasanya disertai dengan radang tenggorokan, demam tinggi, dan kelesuan yang lebih nyata.
                Bagaimana Penanganannya?
Influenza disebabkan oleh virus dan bisa sembuh sendiri asalkan daya tahan tubuh anak baik. Oleh karena itu, tidak diperlukan obat-obatan khusus dalam penanganannya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dianjurkan untuk cukup istirahat, banyak minum, dan makan makanan bergizi terutama buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, dan lain-lain. Selain itu, bisa juga ditambah dengan konsumsi madu, seduhan jahe, dan sup hangat yang membuat tubuh menjadi lebih segar.
                  Bagaimana Pencegahannya?
• Usahakan supaya udara dalam rumah kita selalu dalam keadaan bersih dan tidak lembab.
• Hangatkan tubuh anak (dengan memakai pakaian tebal atau selimut) karena hawa dingin bisa menyebabkan sembab pada lapisan lendir sehingga pembuluh darah melebar dan kuman akan mudah masuk.
• Ajari anak untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan
• Usahakan agar anak tidak berdekatan dengan orang yang sedang mengalami flu supaya tidak tertular. Jika terpaksa harus kontak dengan penderita, sebaiknya selalu menggunakan masker.

Sumber : Majalah Kesehatan Muslim