Penyebab Susah Tidur Insomnia.

Secara umum, penyebab insomnia dapat dikategorikan ke dalam internal, eksternal dan gangguan karena pola sirkadian yang tidak normal. Paling sering, insomnia atau gangguan tidur berhubungan dengan penyakit dari setiap organ, sedangkan faktor utama penyebab internal insomnia adalah sebagian besar penyakit dengan gangguan nyata dalam pola tidur normal. Namun, insomnia yang serius dapat disebabkan karena kondisi medis seperti penyakit paru obstruktif kronik, atau gangguan tidur yang berhubungan dengan gastroesophageal reflux, ulkus peptikum, fibrositis sindrom, masalah punggung, dan masalah leher. Setiap
kerusakan di otak seperti apnea sentral dan neurodegeneratif dapat menyebabkan Alzheimerâ atau penyakit-penyakit yang berpotensi menyebabkan gangguan tidur. Masalah pernapasan juga penyebab utama dalam kasus seperti apnea tidur obstruktif dan mendengkur.

Tips cara Mengatasi susah Tidur

-Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
-Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruang sesuai kehendak
-Jangan memikirkan masalah kehidupan sehari-hari, sisihkan masalah anda.
-Olahraga ringan pada sore hari bisa membantu, tetapi jangan melakukanya saat sebelum tidur.
-Hindari minum kopi, alkohol, atau merokok sebelum tidur.
-Hindari kebiasaan tidur siang
-Jika masih tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan mencemaskanya. Bangun untuk membaca buku, mendengarkan musik lembut, minum susu hangat, dan kemudian coba tidur kembali.
-Jika berlangsung setiap malam dan mengganggu aktifitas sehari-hari, hubungi dokter.
-jangan terlalu larut dalam masalah
-coba untuk merefresh otak anda agar supaya terhindar dari fikiran-fikiran yang membebani hidup anda dan membuat anda sulit untuk tidur.